spirit...

mimpi saja tak akan pernah cukup yang terpenting adalah bagaimana kita bangun dari mimpi untuk mewujudkannya bukan terus semakin terbuai dengan mimpi...
-tiezdimas-

sebuah catatan kecil

ENJOY READING MY BLOG HOPE YOU LIKE IT

Minggu, 10 April 2011

Ogre lanjutan


Setelah pada penulisan pertama saya menulis mengenai pengertian game engine maka pada kali ini saya akan menulis yang ke dua mengenai pembahasan feature atau lebih jauh menegnal game engine secara menyeluruh.
Game engine yang saya tulis disini adalah game engine ogre




Dalam ogre terdapat banyak sekali fitur, diantaranya adalah :
1. Desain yang object oriented dengan menggunakan plugin untuk mempermudah memasukkan fitur lainnya.

2. Engine berbasis scane graph dengan bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree, BSP, & Paging Landscape scene manager.

3. Multi-platform dengan dukungan OpenGL & Direct3D. Bisa merender konten yang sama di beda platform tanpa harus mempunyai content creator. Dapat diakses pada platform Linux, Mac OS X, dan semua versi Windows.

4. OGRE mendukung program Vertex dan Fragment selama ditulis dengan GLSH, HLSL, Cg, dan assembler.

5. The landscape scene manager untuk Progressive LOD, yang mana bisa dibuat secara otomatis & manual.

6. Engine animasi yang mensuport penuh untuk multiple hardware.

7. OGRE mempunyai comositing manager dengan bahasa script dan full screen postprocessing untuk efek seperti HDR, blooming, satruation, brightness, blurring, & noise.

8. Libraries mempunyai fitur memory debugging & loading resource dari archive-nya.

9. Tersedia konten tools untuk 3D modeler, seperti 3D Studio Max, Maya, Blender, LightWare, Milkshape, Sketchup, dsb.

Kesemua fitur tersebut mempunyai fungsi dan kegunaan tersendiri.
Sebelum memulai ogre langkah awal yaitu kita harus menginstal ogre terlebih dahulu, dimana langkah-langkah menginstal ogre yaitu :

Pada windows

1. Download file-file yg dibutuhkan untuk membuat aplikasi 3D dengan library OGRE3D (Object Oriented Graphics Rendering Engine) antara lain :

· Eclipse-CPP ganymede di sini http://www.eclipse.org/downloads/ sebagai IDC++

· MinGW toolbox sebagai GCC opensource compiler disini

· MYSYS sebagai GNU Terminal environment MSYS-1.0.10.exe

· OGRE3D SDK sebagai rendering engine di OGRE SDK for Code::Blocks + MinGW C++ Toolbox , perlu diperhatikan bahwa kita menggunakan MinGW sebagai c++ compilernya


2. Instalah MinGW Toolbox dan setelah itu lakukan setting environment variable, misalkan anda menginstalnya di D:\mingw, maka dalam environment variable kita set path dengan nilai D:\mingw\bin

3. Untuk mengecek apakah path yg kita setting pada langkah 2, bukalah command prompt lalu ketik gcc -v.

4. Selanjutnya kita install MYSYS, dengan ini kita dapat menjalankan perintah-perintah LINUX kedalam command prompt WINDOWS, pertama jalankan setup file MSYS-1.0.10.exe yang telah didownload, lalu lakukan setting path terhadap hasil instalasi MYSYS tersebut. Misal anda menginstall MYSYS di D:\mysys\1.0 maka dalam environment variable PATH kita tambahkan nilai D:\mysys\1.0\bin, sehingga hasilnya seperti berikut :

5. Untuk mengeceknya kita ketikkan salah satu perintah LINUX melalui comman d prompt, misalnya uname –a

6.Selanjutnya installah OGRE yang telah didownload, pada tutorial ini dibuat adalah OgreSDKSetup1.4.2_CBMingW.exe. Misalkan kita instal di D:\OGRE_SDK. Maka lakukan setting variable seperti langkah-langkah sebelumnya, namun dalam hal ini kita buat variabel system baru dalam hal ini bernama OGRE_HOME

7. Lalu extractlah file eclipse hasil download dan jalankan file eclipse.exe dalam folder eclipse

8. Selanjutnya kita akan membuat sebuah Hello World project untuk mengetahui apakah eclipse telah dapat mendeteksi compiler MinGW yg telah diinstal.

Pada linux
Distro linux yang saya pilih sebagai media untuk instalasi OGRE adalah linux ubuntu. Disini saya akan menjelaskan secara singkat langkah2 instalasi OGRE di ubuntu. Sebelum mulai menginstal setidaknya kita telah menyediakan paket libfreeimage, jadi kita tidak perlu download dari sourcenya). Selamat mengikuti !!!
Download beberapa paket yg belum ada, seperti : OIS dan Cg Tool kit .
kemudian lanjutkan dengan :
Instalasi OIS
Install dulu dependency :
sudo apt-get install autoconf automake1.9 libtool libxaw6-dev build-essential
membutuhkan 63.3 MB
Kemudian mulai build
make clean # bersihkan folder objek hasil kompilasi sebelumnya
./bootstrap
./configure –disable-ogre # karena ogre yg akan memanggil ois
make
sudo make install
Instalasi Cg Toolkiet
extract Cg_toolkit, dan kopi ke /usr semuanya :
cd Cg
sudo cp usr/* /usr -R
Instalasi Ogre
Install dulu dependency :
sudo apt-get install libzzip-dev libxxf86vm-dev \
libxrandr-dev libxrandr-dev libfreeimage-dev \
libcegui-mk2-dev libfreetype6-dev libdevil-dev \
libgtk2.0-dev libcppunit-dev libglut3-dev
jalankan terlebih dahulu :
aclocal
Kemudian mulai build :
./bootstrap
./configure

sumber :
http://it-adrian.blogspot.com/
http://iiaahhdudul.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar