Pada penulisan yang ke tiga ini saya akan menjelaskan tentang contoh game engine.
Contoh yang akan saya jelaskan adalah contoh project engine pada ogre.
Project ini akan menjelaskan tentang proses rendering pada Ogre dan cara menjalankan animasi yang telah dibuat sebelumnya dengan 3dMax.
Sebelum melakukan proses render, sebelumnya harus tersedia dulu object nya.
-Object dibuat menggunakan 3D max.
-Setelah object terbentuk lakukan rendering.
-Proses rendering pada Ogre akan bias dilakukan jika pada 3Dmax yang diinstal telah diinstal pula Ogrenya. Sehingga pada menubar akan muncul OgreMax.
-Gambar kotak tadi akan dieksport agar menjadi sebuah file berekstensi “.mesh”
kemudian pada visual c++ kita tambahkan cript untuk memanggil objek.
-Setelah itu lakukan translasi
-Translasi adalah pergerakan atau perpindahan object, baik itu ke kiri, kanan, atas ataupun bawah.
Bila mouse digerakkan ke kiri, gambar tersebut akan terlihat bergerak ke kanan, kenapa? Karena pada animasi ini yang bergerak adalah sudut pandang kamera. Begitu pula sebaliknya jika mouse digerakkan ke kanan, maka kamera akan bergerak ke kanan sehingga gambar akan bergerak ke kiri.
-Dilatasi adalah perubahan skala sebuah gambar, baik itu memperbesar atau memperkecil ukuran gambar Bila tombol up ditekan, gambar akan diperbesar, dan bila terus ditekan, gambar pun akan terus membesar. Sebaliknya pula sama dengan translasi, bila tombol down ditekan, gambar pun akan mengecil.
-Rotasi merupakan proses perputaran objek, Dari sumbu putarnya.
-Penggunaan program
W : untuk zoom in
S : untuk zoom out
A : untuk kekiri
D : untuk kekanan
Mouse untuk rotasi
Demikian penjelasan singkat dari saya.. :D
Refrensi :
http://it-adrian.blogspot.com/
0 komentar:
Posting Komentar