spirit...

mimpi saja tak akan pernah cukup yang terpenting adalah bagaimana kita bangun dari mimpi untuk mewujudkannya bukan terus semakin terbuai dengan mimpi...
-tiezdimas-

sebuah catatan kecil

ENJOY READING MY BLOG HOPE YOU LIKE IT

Jumat, 29 Juni 2012

Cloud Computing Pada Bidang Pendidikan

Bicara tentang cloud computing mengandung arti suatu teknologi yang mengandung teknologi menggunakan internet dan dijaga oleh sebuah server, contohnya yaitu Gmail atau Yahoomail.
Cloud Computing sendiri terdiri atas 3 macam, yaitu :
- Aplikasi
- Platform
- Infrastruktur
Berikut ini kelebihan dari cloud computing, yaitu :
- Kemudahan akses
- Fleksibilitas
- Penghematan
- Mengubah CAPEX menjadi OPEX ( CAPEX = Capital Expenditure (pengeluaran modal), sedangkan OPEX = Operational Expenditure (pengeluaran modal)).
- Lentur dan mudah dikembangkan

Contoh Cloud Computing dalam bidang pendidikan yaitu : Kerjasama Microsoft dengan PesonaEdu iLearning untuk mengajarkan Pendidikan Tentang Teknologi Awan (Cloud) di Sekolah

Sekolah sebagai tempat menempa siswa - dalam mempersiapkan masa depan mereka.
PesonaEdu ilearning adalah Lembaga Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang melayani Pendidikan TIK bagi dunia pendidikan.
Microsoft sebagai salah satu penyedia Cloud memiliki produk-produk yang lengkap. Dari mulai Cloud untuk infrastructure sampai Cloud untuk collaboration. Salah satu teknologi Cloud untuk collaboration yang dimiliki Microsoft adalah Live@EDU. Microsoft Live@Edu adalah sebuah teknologi kolaborasi berbasis Cloud untuk institusi pendidikan yang didalamnya terdapat e-mail, online storage, dan office web App. Dengan menggunakan live@edu, sekolah dapat memiliki e-mail dengan domain sekolah itu sendiri tanpa harus melakukan konfigurasi sendiri disisi server. Selain itu, tiap siswa akan mendapatkan e-mail dengan ukuran 10 GB, penyimpanan online dengan kapasitas 25 GB dan juga Office web app yang bisa diakses dari/ke manapun dan kapanpun tanpa harus menginstall aplikasi tertentu, cukup menggunakan web browser.
Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan competitiveness pendidikan TIK di indonesia dan siswa indonesia pada khususnya. Sehingga siswa tidak hanya mengenal perangkat lunak seperti Microsoft Windows dan Office saja, tetapi juga mengerti akan manfaat dan kegunaan teknologi Cloud sebagai media layanan yang dapat digunakan sehari-hari. Selain itu akses ke situs Dreamspark membuka kesempatan kepada siswa – siswi Indonesia untuk menjadi produsen teknologi bukan menjadi consumer teknologi. Karena aplikasi yang disediakan dalam situs Dreamspark merupakan aplikasi pembantu untuk menciptakan aplikasi baru, bukan aplikasi pemakai (End User).


dirangkum dari : http://larethaputtyandra.blogspot.com/2012/03/cloud-computing-di-bidang-pendidikan.html

0 komentar:

Posting Komentar