spirit...

mimpi saja tak akan pernah cukup yang terpenting adalah bagaimana kita bangun dari mimpi untuk mewujudkannya bukan terus semakin terbuai dengan mimpi...
-tiezdimas-

sebuah catatan kecil

ENJOY READING MY BLOG HOPE YOU LIKE IT

Selasa, 20 Maret 2012

Tugas 1 Pengantar komputasi modern

Yups..
akhirnya sampai juga pada masa semester galau :)
Galau karena banyak tugas tapi males ngerjainnya dan kepikiran menetukan tugas akhir :))
semester 8, katanya si tingkat akhir tapi kuliah tetep full dan praktikum tetap ada dengan project - project yang menanti.
Di semester ini ketemu lagi sama mata kuliah softkill, kali ini namanya mata kuliah "Pengantar Komputasi Modern".
Seperti biasa kembali ke dunia blog yang telah lama ditinggalkan.
Jujur aja punya blog juga karena ada tuntutan tugas kuliah :)
Tugas pertama yaitu menulis mengenai pengertian komputasi modern, cloud computingdan diagram cloud computing yg meliputi s/w, h/w, b/w.
Untuk lebih jelas yuk lihat tulisan dibawah ini yang disrikan dari berbagai sumber :D
apa itu komputasional (komputasi modern) pengertian :
Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Komputasi Modern pertama kali digagasi oleh John Von Neumann. Beliau di lahirkan di Budapest, ibukota Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Karya – karya yang dihasilkan adalah karya dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer. Beliau juga merupakan salah seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kepiawaian John Von Neumann teletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep automata, teknologi bom atom dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer.

Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:

1. Akurasi (big, Floating point)

2. Kecepatan (dalam satuan Hz)


3. Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)


4. Modeling (NN & GA)


5. Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)
Cloud computing adalah komputasi berbasis internet, dimana server yang dibagi bersama menyediakan sumber daya, perangkat lunak, dan informasi untuk komputer dan perangkat lain sesuai permintaan, seperti dengan jaringan listrik. Cloud computing merupakan evolusi alami dari luas adopsi virtualisasi, arsitektur berorientasi layanan dan komputasi utilitas. Rincian diabstraksikan dari konsumen, yang tidak lagi memiliki kebutuhan untuk keahlian dalam, atau kontrol atas, infrastruktur teknologi “di awan” yang mendukung mereka. [1] Cloud computing menggambarkan suplemen baru, konsumsi, dan model pengiriman untuk layanan berbasis IT di Internet, dan biasanya melibatkan over-the internet penyediaan sumber daya secara dinamis scalable dan sering virtualisasi. [2] [3] Ini adalah produk sampingan dan konsekuensi dari kemudahan akses ke situs komputer remote yang disediakan oleh Internet. [4] Hal ini sering mengambil bentuk perangkat berbasis Web atau aplikasi yang pengguna dapat mengakses dan menggunakan melalui browser web seolah-olah itu adalah program yang diinstal secara lokal pada komputer mereka sendiri. [5] NIST memberikan definisi agak lebih objektif dan spesifik di sini. [6] “awan” digunakan sebagai metafora untuk internet, berdasarkan awan gambar yang digunakan di masa lalu untuk mewakili jaringan telepon, [7] dan kemudian untuk menggambarkan Internet dalam diagram jaringan komputer sebagai sebuah abstraksi infrastruktur dasar yang diwakilinya. [8] penyedia Khas komputasi awan memberikan aplikasi bisnis yang umum online yang diakses dari yang lain layanan Web atau perangkat lunak seperti browser Web, sedangkan perangkat lunak dan data disimpan di server.
implementasi cloud computing ke dalam telekomunikasi
Kondisi geografis dan persebaran penduduk Indonesia yang belum merata menjadikan kombinasi dari teknologi broadband dan Cloud Computing pilihan yang tepat untuk mempercepat broadband economy di Indonesia. Masing-masing teknologi tersebut mampu mengatasi masalah yang masih dihadapi Indonesia seperti :
1  Masih jarangnya sumber daya manusia yang mampu mengelola sistem informasi secara menyeluruh di daerah-daerah. Dengan penggunaan teknologi cloud computing, masalah maintenance jaringan inti dan aplikasi inti dapat dilakukan ahli nya secara remote tanpa harus datang ke masing-masing daerah. Perawatan infrastruktur di lapanagan (daerah) hanya sebatas hardware dan software user serta koneksi ke jaringan internet saja.
2.  Jumlah UMKM potensial yang tersebar di berbagai pelosok dan daerah memungkinkan untuk dijangkau dan diintegrasikan ke dalam suatu sistem e-commerce yang terintegrasi secara nasional melalui cloud computing.
3.  Biaya investasi untuk implementasi cloud computing jauh lebih rendah bila dibandingkan implementasi infrastruktur sistem informasi secara menyeluruh untuk satu daerah (server dan client side)
4.  Proyek Palapa Ring, program Desa Berdering dan Desa Pintar dari Kominfo merupakan langkah awal yang sangat baik untuk mengantarkan Indonesia menuju broadband economy, tinggal bagaimana tugas kita mengelola, menjaga dan memanfaatkannya dengan maksimal untuk mengoptimalkan potensi yang masih belum dioptimalkan ini. Penerapan cloud computing dinilai mampu menjadi trigger yang mempercepat geliat ekonomi yang berimplikasi pada meningkatnya daya beli masyarakat serta menarik minat investor.
Walaupun implementasi cloud computing bukannlah hal yang baru di Indonesia (beberapa perusahaan telah memanfaatkan teknologi ini), namun untuk mengimplementasikannya secara nasional untuk tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat perlu disusun sebuah strategi yang apik. Hal ini bertujuan agar tercipta suatu sinergis yang berkesinambungan baik dari pemerintah, regulator, investor swasta, akademisi, serta masyarakat. 
Oke deh...
Sampai disini saja ya dan sampai jumpa pada tugas softkill yang akan datang :D

0 komentar:

Posting Komentar