Penjelasan dan Konsep Blender 3D
Pada kesempatan kali ini, untuk melengkapi tugas kuliah dalam pembuatan animasi 3D kami ingin melaporkan beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh kelompok kami dalam pembuatan iklan kampus dalam bentuk 3D dengan menggunakan aplikasi Blender. Pertama-tama kami akan memperkenalkan apa itu blender.
Pendahuluan :
Berikut ini adalah ringkasan sejarah perkembangan Blender, dikutip dan diterjemahkan dari manual Blender : “Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak di bidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo berkembang dengan pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai Art director ia juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis-artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita-cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.
Sayangnya ambisi Nan tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil. NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidakmenguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Penutupan ini termasuk penghentian terhadap perkembangan Blender.
Setelah penjelasan mengenai apa itu blender dan sebagainya maka selanjutnya kami ingin melaporkan sejauh mana / sudah nyampe mana jalannya tugas kami. Untuk saat ini kelompok kami sudah menginstal aplikasi blender sendiri, dan sedang dalam proses pembelajaran untuk bagaimana menggunakan aplikasi tersebut dan sedang dalam proses pembuatan konsep. Yakni konsep yang akan dipakai untuk membuat iklan tersebut.
Sejauh ini kelompok kami sudah memenukan dua buah konsep yang akan dipakai, yaitu :
1. Kita akan memakai konsep animasi 3D biasa, yakni hanya menampilkan tulisan dan logo Gunadarma yang akan diiklankan. Jadi, konsep yang pertama ini merupakan animasi biasa sepetri WordArt.
2. Konsep kedua yang akan kelompok kami buat adalah dengan memasukkan efek matahari/ sejenis gambar matahari dalam iklan Gunadarma. Yang mengartikan kalau gunadarma akan selalu bersinar seperti matahari tersebut.
Demikianlah kedua konsep yang sedang kelompok kami pertimbangkan untuk di pakai nanti. Untuk tahap selanjutnya akan kami bahas pada postingan berikutnya, yakni langkah-langkah dalam pembuatan iklan tersebut.
Sumber : Blender Publisher, A Free Tutorial Book By Fidelis Josaphat Soekahar
Pada kesempatan kali ini, untuk melengkapi tugas kuliah dalam pembuatan animasi 3D kami ingin melaporkan beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh kelompok kami dalam pembuatan iklan kampus dalam bentuk 3D dengan menggunakan aplikasi Blender. Pertama-tama kami akan memperkenalkan apa itu blender.
Pendahuluan :
Berikut ini adalah ringkasan sejarah perkembangan Blender, dikutip dan diterjemahkan dari manual Blender : “Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak di bidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo berkembang dengan pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai Art director ia juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis-artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita-cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.
Sayangnya ambisi Nan tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil. NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidakmenguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Penutupan ini termasuk penghentian terhadap perkembangan Blender.
Setelah penjelasan mengenai apa itu blender dan sebagainya maka selanjutnya kami ingin melaporkan sejauh mana / sudah nyampe mana jalannya tugas kami. Untuk saat ini kelompok kami sudah menginstal aplikasi blender sendiri, dan sedang dalam proses pembelajaran untuk bagaimana menggunakan aplikasi tersebut dan sedang dalam proses pembuatan konsep. Yakni konsep yang akan dipakai untuk membuat iklan tersebut.
Sejauh ini kelompok kami sudah memenukan dua buah konsep yang akan dipakai, yaitu :
1. Kita akan memakai konsep animasi 3D biasa, yakni hanya menampilkan tulisan dan logo Gunadarma yang akan diiklankan. Jadi, konsep yang pertama ini merupakan animasi biasa sepetri WordArt.
2. Konsep kedua yang akan kelompok kami buat adalah dengan memasukkan efek matahari/ sejenis gambar matahari dalam iklan Gunadarma. Yang mengartikan kalau gunadarma akan selalu bersinar seperti matahari tersebut.
Demikianlah kedua konsep yang sedang kelompok kami pertimbangkan untuk di pakai nanti. Untuk tahap selanjutnya akan kami bahas pada postingan berikutnya, yakni langkah-langkah dalam pembuatan iklan tersebut.
Sumber : Blender Publisher, A Free Tutorial Book By Fidelis Josaphat Soekahar
0 komentar:
Posting Komentar